RSS

Sabtu, 22 Maret 2014

Sejilid Potret Persahabatan dalam Anime Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai (Anohana)


Judul  : Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai
            (あの日見た花の名 前を僕達はまだ知らない, Anohana: We Still Didn't                 Know the Name of the Flower We Saw That Day)
Genre  : Drama, Supernatural, Romance, Slice of Life, Tragedy
Jumlah Episode  : 11        
Tahun  : 2011

Oke, mungkin kalian bakal bingung kenapa judul postingan ini “Sejilid Potret Persahabatan”. Susah lho, cari kata yang pas di depan kata potret buat menggambarkan banyaknya potret-potret indah dalam anime Anohana … TT, tapi akhirnya … DAPET JUGA , hahaha :D

OK OK, back to topic. Aku sukaaa … banget dengan anime ini. This is really a beautiful anime! Must watch, readers!^^ Kalian bakalan lebih menghargai sahabat, keluarga, dan orang yang kalian cintai setelah nonton anime ini. Serius :D

Btw, aku menyesal telat nonton anime ini, aku baru nonton  dua tahun setelah anime ini muncul. T_______T. Awalnya aku nggak tahu tentang anime ini dan baru tahu setelah beberapa blogger bilang film ini bagus. Dan akhirnya begitu tahu tentang anime ini aku membatin, “gila ini anime, judulnya panjang banget"). Tapi karena mendapat rekomendasi bahwa anime ini bagus, ya udah deh, aku nonton, hehehe …

Kalian mungkin pernah mendengar tentang anime ini. Atau mungkin sudah pernah nonton? Kalau jawaban kalian adalah “ya”, kalian setuju nggak kalau anime ini benar-benar amazing? Yap, ide ceritanya emang sederhana, tapi … cara  penceritaannya bagus banget! Setahu aku, film-film Jepang memang pandai mengaduk-aduk perasaan penontonnya. Kita sering disuguhi cerita yang dalam maknanya, dan dengan cara penceritaan yang berbeda, yang mampu memancing emosi penonton. Aku selalu merasa, nilai-nilai kemanusiaan dalam film Jepang itu tinggi. Nggak semua film, tentu, tapi most of them are really good ^^ Lain kali aku akan bahas film Confession (Kokuhaku) yang juga punya makna dalam banget.

Um … but permulaan aku bakal memperkenalkan dulu tokoh-tokoh dalam anime ini, ya, jadi kalian bisa mengenal karakter mereka dulu^^:


1.       Meiko Honma (Menma)


Menma adalah tokoh wanita utama di anime ini. Sifatnya yang polos (kadang polosnya kebangetan … ~_~) justru menjadi daya tarik utamanya. Dia juga sosok yang lembut, ceria, dan sangat menyayangi teman-temannya.  
Dia meninggal karena kecelakaan sewaktu masih kecil dan muncul sebagai hantu di depan Jintan, teman masa kecilnya. Dia memakai baju terusan putih polos dengan pita biru yang dipakainya sebelum meninggal. Hanya JIntan yang bisa melihat sosoknya. Dia lalu berinteraksi dengan Jintan dan meminta Jintan agar mengabulkan permohonannya sewaktu kecil dulu, agar dia bisa pergi ke akhirat. Anehnya, dia lupa apa permohonannya dulu, ckckck …
 
2.       Jinta Yadomi (Jintan)


Tokoh cowok utama di anime ini. Waktu kecil dia digambarkan sebagai sosok yang suka memimpin teman-temannya dan mengusulkan untuk mendirikan kelompok bernama Super Peace Buster bersama Menma, Anaru, Tsuruko, Yukiatsu, dan Poppo.
Saat menjumpai hantu Menma, dia terkejut dan merasa terganggu. Namun dia bersedia mencari tahu apa permintaan Menma dan berusaha mengabulkannya. Termasuk saat dia bertemu teman-teman masa kecilnya. Anggota kelompok Super Peace Buster  yang dibentuknya saling menjauh dan akhirnya tidak saling berkomunikasi lagi semenjak kematian Menma (kecuali Tsuruko dan Yukiatsu yang satu sekolah).

3.       Naruko Anjou (Anaru)


Sewaktu kecil, Anaru menyukai Jintan dan merasa iri dengan Menma karena hubungannya dengan Jintan. Setelah Menma meninggal, dia berharap bisa lebih dekat dengan Jintan, namun yang terjadi malah sebaliknya.  

4.       Atsumu Matsuyuki (Yukiatsu)


Dia tokoh yang cakep, udah gitu pinter lagi. He’s just perfect!>,< #blushing
Nooo … nggak mungkin aku menggambarkan dia cuma segitu aja.
Ini salah satu tokoh paling complicated menurutku, karena di balik sosoknya yang selalu terlihat serius, percaya diri, dan pendiam, dia mempunyai lebih banyak sisi yang berbeda dari sosok yang selalu ditampilkannya di depan teman-temannya. Dia menyukai Menma sejak kecil, dan sejak itu masih merasa sangat sedih atas kepergiannya. Dia membenci kenyataan bahwa hantu Menma muncul di depan Jintan, dan bukan di depan dirinya.

5.       Chiriko Tsurumi (Tsuruko)


Sama seperti Yukiatsu, di balik sosok pendiam dan serius yang selalu ditampilkannya, dia sebenarnya adalah sosok yang lembut. Dia mencintai Yukiatsu, sama seperti Anaru yang mencintai Jintan. Sayangnya bahkan setelah kematian Menma, Yukiatsu masih mencintai  Menma dan tidak pernah bisa melupakannya.

6.       Tetsudo Hisakawa (Poppo)


Ini sosok yang kocak banget :D, Poppo hampir sama seperti Menma, dia memiliki sisi yang ceria, lembut, dan kekanak-kanakan. Dia sangat mengagumi Jintan sejak kecil. Dia adalah sosok yang “hidup” saat anggota Super Peace Buster bertemu kembali setelah lama tidak bertemu dan menjauhkan diri. Sifatnya yang selalu positif dan sangat mempercayai Jintan tidak pernah berubah bahkan setelah dia dewasa.

Okeee … Sekarang kalian udah tahu tokoh-tokoh utama dalam anime ini. Giliran animenya deh, yang aku ceritakan …^^


Jintan, Menma, Anaru, Tsuruko, Yukiatsu, dan Poppo tergabung dalam kelompok Super Peace Buster yang dibentuk oleh Jintan. Sejak kecil mereka bermain bersama, dengan Jintan sebagai pemimpinnya. 

Suatu hari Menma kecelakaan dan meninggal setelah Anaru menanyakan perasaan Jintan terhadap Menma. Jintan yang buru-buru menyanggah bahwa dia menyukai Menma lalu berlari pergi, dan Menma menyusulnya. Yukiatsu yang menyukai Menma lalu menyusulnya dan mengatakan pada Menma tentang perasaannya dan ditolak oleh Menma yang meneruskan berlari.

Setelah Menma meninggal, anggota Super Peace Buster saling menjauh dan akhirnya tidak pernah berkumpul lagi. Antar satu dengan yang lain juga menjadi dingin dan berjarak.

 Bertahun-tahun kemudian, Menma muncul dalam sosok hantu di depan Jintan dan menceritakan permohonannya agar dia bisa mencapai akhirat. Permohonannya melibatkan anggota Super Peace Buster agar berkumpul kembali. Dia merasa sedih dengan seluruh anggota yang tidak pernah berkumpul lagi dan juga sangat merindukan kebersamaan antar mereka.

Proses Jintan yang bertemu satu persatu anggota sampai akhirnya mereka kompak bersatu kembali agar bisa mewujudkan impian Menma menjadi inti dari cerita ini. Proses itu juga membuka rahasia-rahasia menarik antar tokoh, seperti Anaru yang selalu mencintai Jintan dan mengagumi namun juga iri dengan Menma, tentang perasaan terpendam (ci ileh…:D) Tsuruko terhadap Yukiatsu, rahasia Yukiatsu, keluarga Menma yang masih berkabung bahkan beberapa tahun setelah kematian Menma, perasaan Jintan yang sebenarnya terhadap Menma, dan … nggak seru ah, kalau semua diceritakan disini, hehehe … Kalian harus lihat sendiri filmnya :D



Yang pasti, anime ini sangat sangat RECOMMENDED!:D Kisah persahabatan dan cinta yang dijalin jadi satu ini benar-benar indah. Dengan jumlah episode yang cuma 11 juga membuat anime ini sangat padat dan nggak bertele-tele.
Oh iya lupa, SIAPIN TISU sebelum nonton anime ini ya … apalagi menjelang episode-episode terakhir :D, karena bakal menguras air mata banget. IYA, BANGET :D

Oh iya, kalian penasaran gimana sebenarnya perasaan Jintan kepada Menma? Iya, sebenarnya Jintan mencintai Menma. Menma-pun demikian, bahkan cintanya pada Jintan sampai pada tingkatan ingin menikah dengannya … :’) 

0 komentar:

Posting Komentar