RSS

Selasa, 11 Maret 2014

Belajar Kehidupan dari Anime Hanada Shōnen Shi



Hanada Shōnen Shi ((花田少年史, The Record of Boy Hanada)
Genre     : Komedi, Slice of Life, Supernatural
Tayang    :Oktober 2002-Maret 2003 

Ini adalah anime yang klasik banget.
Dan unik.
Dan menyentuh.
Pokoknya...
RECOMMENDED! :D

Haha...Bagi yang suka anime yang santai dan cerita yang ringan (seperti anime Natsume Yuujinchou), mungkin bakal suka anime ini. Anime ini memang jadul, sih, tapi layak banget buat ditonton. Anime ini benar-benar mempunyai jalan cerita yang ringan dan enggak ribet, dan ceritanya pun bernuansa kehidupan banget. Lagipula latar belakang cerita ini, yaitu di desa Jepang yang masih alami dengan panorama yang indah banget jelas mampu membuat anime ini semakin memikat.

Oke. Jadi kita bahas langsung aja anime ini. Tokoh utamanya adalah anak kecil bernama Hanada Ichiro, masih duduk di kelas 3 SD. Satu kata buat si Ichiro ini . Dia BANDEL BANGET. Beneran, mungkin kalau aku punya anak kayak dia (ampun deh, jangan sampai, amit-amit T_T) bakal hilang kesabaran kali ya ... Haha ....

Nah, awalnya si Ichiro ini benar-benar anak yang bandel dan hobi bikin masalah, sampai akhirnya dia mendapat musibah, ditabrak truk saat sedang melaksanakan aksi bandelnya. Dan ... sejak saat itu hidupnya berubah bah bah bah ....

Dia bisa melihat hantu, dan setelah hantu-hantu itu tahu dia bisa melihat mereka, mereka pun meminta bantuannya. Masalah yang belum terselesaikan sewaktu masih hidup, mengembalikan semangat hidup orang yang mereka tinggalkan saat meninggal (ups, ini spoiler, hehehe :D) dan sebagainya.

Ichiro jelas enggan menolong pada awalnya. Banyak hantu yang saat muncul membuatnya takut, bahkan ada hantu yang sengaja menunjukkan sosok seram mereka agar Ichiro manut dengan keinginan mereka (ups, lagi-lagi spoiler, maaf ...:D).

Akan tetapi, Ichiro iba juga dengan permohonan para hantu itu dan pada akhirnya, dia pasti menyanggupi, walau kadang dalam beberapa kejadian dia menyesal juga sih ... Tapi sifat dasar Ichiro sepertinya benar-benar anak yang baik dan punya hati yang lembut. At least, itu yang aku lihat dari dia. Dia memang bandelnya enggak ketulungan, benar-benar kayak jelmaan anak iblis gitu, tetapi pada dasarnya dia adalah anak baik, terlepas dari sifat-sifat buruknya. Dia juga polos khas anak SD, dengan cara ngomongnya yang blak-blakan, jujur dan apa adanya. Kepolosan Ichiro kadang-kadang membuat aku gemas juga sih, tetapi itulah kekhasan yang dia punya. Kepolosannya yang kadang-kadang bikin gemas dan sebal itulah yang membuat anime ini segar dan lucu banget.

Nah, anime ini mengisahkan pengalaman Ichiro dalam membantu permasalahan para hantu tadi. Saranku sih, siap-siapin aja tisu di dekat kalian, karena dalam beberapa episode, ceritanya benar-benar sedih. Latar belakang para hantu itu kadang begitu menyedihkan, plus beberapa orang di sekitar mereka juga. Kalian bakal belajar dan mendapatkan banyak hal dari anime ini. Kekeluargaan, persahabatan, cinta, kasih sayang ibu dan anaknya, dan sebagainya. Sebagai anime yang ringan, dengan begitu banyak tema dan kisah beragam, anime ini benar-benar recommended.

Jadi, bersiap-siaplah untuk tertawa, merenung, dan menangis bersama Ichiro ... ^^

0 komentar:

Posting Komentar