RSS

Kamis, 22 Mei 2014

Amazing Fantasy Books with Amazing Ideas (Part 2)

Okeee, kali ini aku bakal melanjutkan daftar novel-novel fantasi yang menurutku memiliki ide yang wah banget. Novel-novel ini popular banget dan udah diadaptasikan ke layar lebar.
So, here’s the list!^^ 

1. Trilogi His Dark Materials (By Phillip Pullman)


Trilogi ini terdiri dari novel:
a. The Golden Compass
b. The Subtle Knife
c. The Amber Spyglass


Ini novel yang super duper keren! Aku nggak pernah membayangkan sebuah dunia fantasi bisa seliar ini, seimajinatif ini, seluar biasa ini. PERFECT!>,<

Ceritanya sendiri terbagi menjadi dunia-dunia yang berbeda di setiap novel. Di novel pertama, The Golden Compass, kisahnya tentang seorang gadis kecil bernama Lyra Belacqua yang tinggal di dunia “yang sama dengan dunia yang kita tinggali namun berbeda di banyak hal”. Dia mendapatkan sebuah alat bernama Alethiometer, sebuah alat ajaib mirip kompas berwarna emas yang bisa menjawab pertanyaan apa pun, alat yang mempunyai kemampuan untuk menunjukkan kebenaran. Di dunia Lyra juga terdapat makhluk bernama dæmon, sebuah manifestasi jiwa masing-masing pemiliknya. Dengan kata lain, di dunia Lyra, semua orang memiliki dæmon yang hidup berdampingan dengan pemiliknya. Di dunia Lyra juga terdapat lembaga bernama Magisterium, lembaga agama  yang mengontrol dunia itu. Ayah Lyra adalah Lord Asriel, seorang ilmuwan membuat jembatan untuk menembus dunia lain.  

Pada novel kedua, yaitu The Subtle Knife, diperkenalkan tokoh baru yang bernama Will Parry yang tidak sengaja membunuh seorang pria demi melindungi ibunya. Will lalu melarikan diri dan menemukan dunia lewat celah aneh yang ditunjukkan seekor kucing kepadanya. Di dunia baru itu—Cittàgazze, Will bertemu dengan Lyra dan dæmonnya yang bernama Pantalaimon. Tanpa sengaja, Will menjadi pemilik Pisau Gaib setelah berkelahi dengan seorang anak laki-laki. Pisau Gaib itulah yang bisa membuka pintu ke dunia-dunia lain, hanya dengan mengiris udara menggunakan pisau tersebut. 

Sementara di novel ketiga, The Amber Spyglass, berkisah tentang Will yang mencari keberadaan Lyra. Lord Asriel memulai perang terhadap Otoritas, perang yang nggak mungkin bagiku karena Otoritas adalah kekuasaan tertinggi di atas kekuasaan Magisterium, dengan kata lain Tuhan, dimana Lord Asriel juga berperang melawan malaikat-malaikat.

WOW. Itu adalah kata yang terlintas di benakku sehabis rampung membaca novel ini. WOW sekali lagi untuk endingnya. Ini benar-benar novel luar  biasa yang nggak biasa. Aku salut untuk ide yang dimiliki Oom Phillip ini.

10 points for this book!>,<
  
2. Ender’s Game (By Orson Scott Card)

Ini kisah yang juga menyita perhatianku. Kisahnya sendiri layak mendapat dua WOW dariku, hehehe. Seorang anak luar biasa cerdas bernama Andrew “Ender” Wiggin menjalani pelatihan khusus yang menyiapkannya untuk bertempur melawan alien yang menyerang Bumi. Ender dipaksa untuk menjalani segala macam latihan berat dan kehilangan masa kanak-kanaknya.

Di akhir kisah, aku jadi berpikir. Tidakkah tidak manusiawi, menempatkan seorang anak yang bahkan belum akil balig dalam perang besar yang menentukan kehidupan seluruh jagat manusia? Tidakkah kejam, melatihnya demi pertempuran besar yang harus dimenangkannya, dimana dia harus membunuh alien yang notabene merupakan musuh, namun tetap saja dia harus melakukan tindak keji bernama pembunuhan?

Akan tetapi, aku suka sosok Ender yang tetap nggak kehilangan rasa kemanusiaannya. Dia nggak kehilangan jati dirinya, sebagai seorang anak baik yang tetap bisa berpikir rasional dan berbelas kasih kepada musuh. LOVE IT!>,<

10 points out of 10!:D

3. The Spiderwick Chronicles (By Toni DiTerlizzi and Holly Black)


Uwaaah! REALLY LOVE THIS BOOK! COMPLETELY COOL AND AMAZING!>,<
Kisah tiga orang anak bernama Jared, Simon, dan Mallory Grace yang terlibat petualangan seru setelah mereka menempati rumah baru mereka, Spiderwick Estate. Di rumah itu, Jared menemukan buku panduan Arthus Spiderwick, pemilik asli rumah itu, yang berjudul Arthur Spiderwick’s Field Guide to the Fantastical World Around You. Thimbeltack, brownie yang menempati rumah itu memperingatkan agar buku itu dimusnahkan. Buku semacam ensiklopedi yang memuat daftar lengkap jenis-jenis makhluk ajaib yang ditemui Arthur Spiderwick ini akan menjadi malapetaka bila sampai jatuh ke tangan Mulgarath, makhluk jahat yang menginginkan buku itu untuk menguasai seluruh makhluk ajaib.  
WOW. AMAZING ….

I’ll give 10 points for this book! >,<

4. Lemony Snicket’s A Series of Unfortunate Events (By Lemony Snicket aka Daniel Handler)



LOVE, LOVE, LOVE THIS NOVELS A LOOOT! >,<

Sebuah kisah tiga bersaudara Violet, Klaus, dan Sunny Baudelaire yang kehilangan orangtua mereka setelah kebakaran yang menghanguskan seluruh rumah mereka. Mereka lalu berganti-ganti wali, dari Count Olaf (yang nantinya memainkan peranan penting di novel-novel seri ini), Paman mereka Monty, dan Bibi Josephine. Count Olaf yang jahat terus menerus mengganggu kehidupan mereka, menginginkan warisan kakak beradik Baudelaire, dan menghalalkan segara cara buat mendapatkannya.

Seri ini sendiri terdiri dari 13 buku (oh wow …. ) yaitu

SUPERB. Deserve 10 points out of 10!>,<

5. Coraline (By Neil Gaiman) 




This is a superb book with a really horrible idea! Oh my, I must say this: Ini salah satu ide cerita paling keren yang pernah aku baca. Seramnya dapat banget, petualangannya dapat banget, efek tegangnya juga dapat banget. Aku benar-benar suka sama ide ceritanya, dimana seorang gadis cilik bernama Coraline yang kesepian karena diabaikan orangtuanya lalu menjelajahi rumah barunya dan menemukan sebuah pintu kecil. Saat dia membuka pintu itu, dia mendapati dunia yang sama dengan dunianya, namun dengan orang-orang yang berbeda. Dia menemukan dua orang yang mirip dengan kedua orangtuanya, hanya saja sosok mereka aneh dan bermata kancing. Keduanya sangat senang dengan kedatangan Coraline. Coraline merasa senang berada bersama mereka, karena dia mendapatkan kebahagiaan yang nggak didapatkannya dari orangtua aslinya.

Akan tetapi, setelah dia mendapati fakta mengerikan tentang dunia itu dan orang-orang yang mendiaminya, kehidupannya segera berubah terbalik, menjadi penuh horor. Dunia itu ternyata menyimpan kengerian yang bahkan seorang anak kecil pun nggak bisa membayangkan.

SUPERB! 10 points out of 10!^^
PS: Aku selalu suka karya-karya Om Neil, he’s such an adorable author! >,<

6. Serial The Mortal Instruments (By Cassandra Clare)



Oke. Novel karya Auntie Cassandra ini terdiri dari enam novel : City of Bones, City of Ashes, City of Glass, City of Fallen Angels, City of Lost Souls, dan City of Heavenly Fire.

Kisahnya sendiri tentang seorang cewek bernama Clarissa “Clary” Adele Fray yang ternyata adalah seorang Shadowhunter, seseorang yang memiliki kekuatan malaikat. Bersama Jace Wayland, Isabelle “Izzy” Lightwood, dan Alexander “Alec” Lightwood, Shadowhunter yang lain, petualangan Clary sebagai Shadowhunter dimulai. Ia yang mulanya tidak mempercayai bahwa dia adalah seorang Shadowhunter akhirnya menyadari bahwa dia memiliki kekuatan yang diwarisinya dari ibunya.

KEREN. Idenya itu lho, aku sampai nggak bisa berkata-kata lagi. Benar-benar nggak bisa membayangkan ide sebrilian itu bisa “hinggap” di pikiran Auntie Cassandra. SUPERB.

10 points out of 10! :D   

7. The Hobbit (by J.R.R Tolkien)



Khusus untuk novel ini, nggak perlu diragukan lagi deh, kualitasnya, hehehe. Latar cerita yang terjadi sebelum cerita The Lord of the Rings membuat novel ini oke banget buat dibaca.

Ceritanya sendiri berkisah tentang petualangan Bilbo Baggins (paman Frodo Baggins di trilogi The Lord of the Rings), di zaman sebelum petualangan mengembalikan cincin milik Sauron terjadi. Bahkan zaman sebelum cincin itu sendiri ditemukan oleh Bilbo yang kemudian diberikannya kepada Frodo.

Nope. Novel ini berkisah tentang Bilbo yang mendapat tawaran untuk bertualang oleh Gandalf bersama para dwarf untuk mengambil kembali harta milik kaum dwarf yang dicuri oleh naga bernama Smaug. Petualangan itu nggak mudah, karena Bilbo dan kawan-kawan seperjalanannya harus menempuh perjalanan panjang dan sering bertemu dengan masalah di antaranya adalah serigala ganas, troll, dan masih banyak lagi.
Novel ini seru banget, dan aku nggak punya kata lain untuk novel ini selain PERFECT!>,<

Oh …. And this book deserves 10 points out of 10! ^^

8. The Inheritance Cycle (By Christopher Paolini)





Bagi yang nggak tahu, The Inheritance Cycle itu novel tetralogi yang di dalamnya termasuk Eragon, Eldest, Brisingr, dan Inheritance. Nah, sekarang udah tahu kan? Hehehe. Nah, Mas (:p) Christopher ini lah yang menulis novel Eragon yang populer banget itu.

Sebuah dunia ajaib bernama Alagaesia ciptaan Mas Chris ini, yang paling aku kagumi adalah sebuah kelompok ras Penunggang Naga. Seriously, how can he make such a wonderful character like that?
Eragon, yang meneruskan ras Penunggang Naga memiliki naga bernama Saphira. Bersama Saphira, Eragon mengalami petualangan-petualangan menakjubkan, dan membuatku sering berdecak kagum.

SUPERB! 10 Points out of 10! :D

0 komentar:

Posting Komentar