RSS

Senin, 28 April 2014

Amazing Fantasy Books with Amazing Ideas (Part 1)



Salah satu genre novel yang paling aku suka adalah novel fantasi. Novel fantasi menawarkan dunia-dunia baru yang menakjubkan, yang membuat kita seolah mengunjungi tempat-tempat yang fantastis, dengan tokoh-tokoh imajiner yang luar biasa. Bayangkan, sebuah dunia yang asing dimana terjadi petualangan luar biasa, dimana apa pun bisa terjadi, dimana enggak ada kata musta ….

Eh, um …. Oke, omonganku udah mulai hiperbol nih, hehehehe :D
Dunia-dunia di dalam sebuah novel fantasi kadang-kadang begitu absurd dan di luar jangkauan nalar, tetapi asyik banget “dijelajahi” melalui setiap halaman. 

Aku mau membagi novel-novel yang (sejauh aku tahu dan baca) memiliki ide-ide luar biasa sehingga bisa membuat kita serasa “hidup” di novel itu ^^:

1. Harry Potter (By J.K. Rowling)

 

Siapa yang enggak kenal seri Harry Potter? Hehehe. Novel-novel karya Auntie (:p) J. K. Rowling ini emang fenomenal banget. Ide tentang seorang anak yang tidak tahu bahwa dirinya penyihir yang lalu didatangi oleh penyihir yang memberitahunya bahwa dia adalah seorang penyihir (eung, terlalu banyak pengulangan kata “penyihir” hahaha :D) adalah ide yang LUAR BIASA >,<. 

Aku suka banget sama novel ini, dan walaupun aku udah tamat baca dari entah kapan, aku masih suka membaca ulang. Kepiawaian Auntie untuk membuat kita terus membaca sejak dari halaman pertama adalah bukti bahwa novel ini emang AMAZING :D. 

Auntie sangat mencintai dunia Harry Potter yang diciptakannya dan aku bisa melihatnya dalam setiap goresan (cieeeh :D) kata-katanya. Enggak ada yang bisa menulis cerita seperti itu, dengan kata-kata yang memikat, kecuali dia memang mencintai apa yang ditulisnya …. ^^.



2.  The Lord of the Rings (By J.R.R. Tolkien)


Hobbit? Orc? Apaan sih, itu? Tapi di tangan Opa (:p) J.R.R Tolkien, kedua makhluk yang bagi kita aneh dan absurd itu menjadi sosok yang menarik. Aku enggak bilang makhluk Orc itu menarik, sih (emang enggak, karena mereka terlalu … eung …. Menjijikkan?). 

Aku jatuh cinta (cieeeh :D) pada pandangan pertama pada Desa Shire yang indah banget, kehidupan para Hobbit dengan latar belakang khas Inggris zaman dulu, dan kehebatan ide akan sebuah dunia yang benar-benar asing bernama Middle Earth yang dihuni makhluk-makhluk yang benar-benar asing juga. Juga ide tentang pemusnahan cincin yang mempunyai kekuatan luar biasa, dengan balutan petualangan dan perang menjadikan novel ini PERFECT #thumbsup. 

Adaptasi novel ini menjadi film juga menjadikan aku jatuh cinta setengah mati pada filmnya juga. Alhasil, trilogi The Lord of the Rings menduduki peringkat pertama film favoritku^^.    



3. The Chronicles of Narnia (By C.S. Lewis)


Kita tentu enggak bisa melupakan novel satu ini. Yap, Narnia mengambil latar tempat sebuah dunia asing bernama Narnia, dengan makhluk-makhluk asing (namun berasal dari mitologi dan legenda) semacam dwarf, centaurus, mermaid, dryad, dan sebagainya. Petualangan anak-anak Pevensie selalu menarik untuk diikuti. Bagaimana awal mereka memasuki dunia Narnia, bagaimana mereka lalu ditakdirkan menjadi raja dan ratu di sana, dan bagaimana kehadiran mereka banyak mengubah hal di Narnia.
KEREN :D.

4. The Twilight Saga ( By Stephenie Meyer)


Aku mau banget punya cowok kayak Edward Cullen. Gapapa aku harus ikutan jadi vampir kayak dia. Aku rela banget kok, demi sosok kayak Aa Edward. terus kita berdua bisa hidup abadi, dan punya keluarga yang sama kerennya dengan Edward. What a perfect life …. #kissedward #ngiler

Eung …. Oke. Aku mulai melantur. Aku lebih milih Jacob Black aja deh, seksi gimana … gitu. Shape Sifter yang keren …. Udah kuat, hangat, romantis dan baiknya itu lho …. Ouh …. #kissandhugjacob #ngilerlagi
Euuuaaargh, kenapa otakku jadi dipenuhi sama karakter fiktif itu sih? They’re just too perfect! >,<  
Kisah tentang seorang gadis yang jatuh cinta kepada vampir dan terlibat cinta segitiga dengan seorang Shape Shifter berujud manusia serigala ini memang udah terekam di benar para penikmat novel. Ide cerita yang unik dan dengan plot yang seru menjadikan novel ini memorable banget ^^.  

Thanks too Auntie Stephenie Meyer, buat cerita yang luar biasa dan karakter tokoh yang kuat …. ^^

5. The Book of Lost Things (By John Connolly)


I LOVE THIS BOOOK!!! Two thumbs up! No no no, four! Kekeke …. Novel ini perfect banget. Idenya, jalan ceritanya, SEMUANYA.

Kisah perjalanan seorang anak bernama David yang memasuki sebuah dunia asing di halaman belakang rumahnya, pertemuannya dengan makhluk-makhluk aneh, dan rahasia di balik negeri yang sedang dimasukinya. Raja negeri itu memiliki sebuah buku bernama the book of lost things (kitab tentang yang telah hilang) yang berisi hal-hal yang hanya diketahui oleh Sang Raja. Raja yang sudah tua tersebut menginginkan David menjadi penggantinya dan untuk itu David harus mengorbankan adiknya. Seorang makhluk yang mengerikan membutuhkan adiknya agar kelangsungan hidupnya terjaga.       

Kalian harus baca sendiri novelnya untuk bisa tahu betapa luar biasanya novel ini. Kata-kataku enggak bakal cukup untuk menggambarkannya, hehehe.

6. The Hunger Games Trilogy (By Suzanne Collins)


Aku mau banget punya cowok kayak Peeta #lalumencampakkanjacob hahaha, jadi inti dari review novel ini adalah sosok Peeta.

Uuups, ga ding, hehehe :D.
Ini adalah salah satu novel dengan ide brilian. Membunuh dulu baru mendapatkan pasokan makanan untuk wilayahmu? Dilatih bertarung sejak kecil agar bisa menang melawan distrik lain saat Hunger Games? Jelas aku nggak akan mengambil pilihan ini apa pun yang terjadi. Aku bakal memberontak. Aku bakal ke Capitol dan menantang …. #wajahberingas

OK, ini mulai serem, hahaha. Intinya, aku suka novel ini!!! >,<    

7. Charlie and the Chocolate Factory (By Roald Dahl)


Ini benar-benar novel yang lezat, heuheuheu. Chocolate everywhere, chocolate in many ways of serving. Nyaaammm #ngiler.

Roal Dahl selalu bisa membangun dunia ajaib yang beda dengan dunia lainnya. Dengan cara penceritaan unik yang nggak dimiliki oleh pengarang lain, dia bisa membawa atmosfer luar biasa dalam setiap novelnya. Dan novel Charlie and the Chocolate Factory inilah salah satunya^^.

8. Matched (By Ally Condie)


Di dunia ciptaan Ally Condie ini, semua hal diatur oleh institusi. Pernikahan, kematian, pekerjaan, bahkan apa yang dimakan. Bahkan mimpi pun bisa diatur dan para penduduk menggunakan peranti khusus untuk menulis. 

AMAZEEENG …. Ini adalah kata yang aku teriakkan ketika aku membaca novel ini. Idenya sungguh luar biasa. SUPERB. Aku sangat suka novel ini karena membawa imajinasiku (ciileh :D) ke dalam dunia asing yang baru. Dunia masa depan dimana bahkan untuk berekreasi pun kita diatur. Belum lagi cara Auntie Ally (:D) menuliskan cerita dan menggambarkan latarnya oke banget. Aku bisa membayangkan dunia ciptaannya secara gamblang dan jelas. Aku serasa bisa membayangkan bagaimana hidup di dunia itu.  

Love you, Auntie Ally! :D

0 komentar:

Posting Komentar